Home / Berita

Tuesday, 31 March 2015 - 13:33 WIB

Pelaksanaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) tahun 2015

Kemendikbud — Dalam pelaksanaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) tahun 2015 kali ini ada 7 sidang komisi yang akan dilaksanakan. Setiap komisi akan membahas dan kemudian menjawab uraian-uraian mengenai topik masing-masing komisi tersebut. Sidang komisi ini akan berlangsung selama satu hari penuh pada tanggal 30 Maret 2015.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengatakan, sidang komisi nanti diharapkan dapat menjawab masing-masing uraian topik dalam sidang komisi tersebut. “Di ujung kita coba menjawab pertanyaan ini, bagaimana mencerdaskan kehidupan bangsa melalui gerakan pendidikan,” katanya pada sambutan Sidang Pleno Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015, di Depok, Senin (30/3/2015).

Baca Juga  Panduan Pengajuan Usulan Program Insentif Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi 2015

Ketujuh sidang komisi tersebut diantaranya adalah Sidang Komisi I mengenai Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Sidang Komisi II mengenai Kebudayaan, Sidang Komisi III mengenai Guru dan Tenaga Kependidikan, Sidang Komisi IV mengenai Pengembangan dan Pelestarian Bahasa, Sidang Komisi V mengenai Pelaksanaan Wajib Belajar 12 Tahun, dan Sidang Komisi VI mengenai Kurikulum, Ujian Nasional Tahun 2015, Penilaian Pendidikan dan Akreditasi, serta Sidang Komisi VII mengenai Tata Kelola Efektifitas Birokrasi dan Pelibatan Publik.

Mendikbud mencontohkan, dalam menjawab uraian-uraian topik pada Sidang Komisi II mengenai Kebudayaan misalnya, mari kita menjawab pertanyaan tentang bagaimana meningkatkan strategi jumlah cagar budaya yang teregistrasi. Kedua, kata dia, bagaimana mendukung pencatatan dan penetapan warisan budaya tak benda. Dan ketiga, kata dia, strategi apa yang tepat untuk menetapkan dan mendukung warisan budaya dunia. “Ini semua yang harus kita kerjakan, pertanyaan-pertanyaan inilah yang harus kita jawab,” tuturnya

Baca Juga  Inilah Prosedur Ujian Nasional di Lapas

Share :

Baca Juga

Berita

Daftar pemenang Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2015

Berita

Kemhan Terbitkan Surat Edaran PNS Boleh Poligami

Berita

Guru Kesulitan menjawab soal UKG 2015, ternyata ini penyebabnya

Berita

Semoga Tahun 2018 Tunjangan Sertifikasi Guru SMK tak Molor Lagi

Berita

Kemendikbud Didesak Bikin Buku Panduan MOS

Berita

Kemdikbud Rintis program Pendidikan Keluarga

Berita

Syarat memperoleh Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

Berita

Tentukan Besaran Tunjangan Profesi, Penilaian Kinerja Guru Diperketat