Seni Kliningan dari Jawa Barat

Kliningan yaitu seni pagelaran / pertunjukan yang menggunakan seperangkat gamelan yang berlaras salendro diiringi oleh Juru Sekar. Juru Sekar pada seni kliningan pada umumnya terdiri dari Sinden (Wanita) dan Wira Swara (Pria).

Kliningan awalnya merupakan nama alat musik tradisional yang bentuknya seperti alat musik Gender yang dikenal dalam seni tradisional Gamelan dari Jawa. Dalam perkembangannya alat musik kliningan ini tidak digunakan lagi dalam pagelaran kliningan, akan tetapi nama kesenian tersebut masih dikenal sebagai kliningan.

Pagelaran kliningan di Jawa Barat mengalami masa kejayaan pada tahun 60-an. Juru Sekar dalam seni kliningan memiliki peran yang sama vitalnya dengan juru gending / nayaga / juru pangrawit / pemain musik. Tugas Juru Sekar adalah melantunkan tembang – tembang dengan mengikuti aturan – aturan gending yang baku. Sinden yang cukup terkenal dalam seni Kliningan ini antara lain Titim Fatimah dan Upit Sarimanah.

Sedangkan alat musik tradisional yang mengiringi seni pagelaran kliningan dimainkan oleh Juru Pangrawit. Satu alat musik dipegang oleh seorang Juru Pangrawit yang umumnya laki-laki semua. Juru Pangrawit dipimpim oleh seorang Lurah Sekar yang juga merangkap sebagai nayaga / juru pangrawit.  Salah seorang komponis Kliningan yang sangat terkenal dan menjadi tokoh seni di Jawa Barat adalah Mang Koko (Koko Koswara)

Sedangkan lagu / tembang yang dibawakan dalam pagelaran kliningan adalah lagu-lagu tradisi yang masih diketahui penciptanya serta disesuaikan dengan musik gamelan yang berlaras salendro yaitu skala musik gamelan yang memiliki 5 (lima) nada per oktaf, yaitu 1 2 3 4 5 (C- D E+ G A) dengan interval yang sama atau kalau pun berbeda perbedaan intervalnya sangat kecil.

Ilustrasi Kliningan – Sumber Gambar www.flickr.com

Pagelaran Kliningan di Jawa Barat dilakukan pada acara kemeriahan (Sunda : Kariaan) yaitu pada acara seperti hajat khitanan, pernikahan dan acara lainnya.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kliningan, mari kita simak video kliningan dari masa lampau dan kliningan inovatif masa kini.

1. Kliningan Klasik

2. Kliningan Inovatif

Demikian rtikel mengenai seni Kliningan dari Jawa Barat. Semoga bermanfaat

Referensi :
1. id.wikipedia.org
2. disparbud.jabarprov.go.id
3. https://www.youtube.com/channel/UCD0I1p9KuwriS7hUAFyW8vw
4. https://www.youtube.com/user/adkoerfulable1