Saat Bayi Anda Flu, Ini Cara Aman Mengatasinya!

Bayi yang masih memiliki kekebalan tubuh rendah, mudah terserang penyakit terutama penyakit menular. Salah satu jenis penyakit menular adalah flu yang bisa didapatkan bayi dari orang tua maupun orang disekitarnya. Bayi yang mengalami flu akan menunjukkan gejala-gejala seperti bersin, mata berair dan hidung tersumbat ataupun mengeluarkan cairan. Saat hal tersebut terjadi merupakan sebuah pertanda bahwa anak Anda sedang berada dalam kondisi yang kuat fit atau kuat untuk melawan masuknya virus. Obat flu untuk bayi belum terlalu dibutuhkan asalkan Anda dapat memberikan perawatan dan makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.

Saat bayi mengalami flu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya yang tidak berhubungan dengan obat-obatan yaitu:

Jika si kecil masih minum asi maka berikan asi sesering mungkin. Asi memiliki kandungan gizi yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika flu si kecil disertai dengan demam, kompres menggunakan air hangat agar demam segera turun.

  • Air buah dan air putih.

Selain ASI, berikan si kecil air buah atau air putih saja untuk mencegah ia mengalami dehidrasi dan membantu si kecil menstabilkan suhu tubuhnya. Air buah yang kaya akan vitamin C juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Hidung tersumbat?

Jika hidung si kecil tersumbat, gunakan semprotan atau tetes yang mengandung garam.

  • Minyak hangat.

Jika perlu, oleskan minyak kayu putih di bagian dada dan leher bayi serta telapak kaki bayi untuk membantu si kecil menghangatkan badannya.

Memberikan obat untuk si kecil tanpa berkonsultasi dengan dokter akan memberi resiko kesehatan yang negatif terhadap bayi Anda apalagi jika usianya masih di bawah 3 bulan. Agar lebih aman, bawalah si kecil ke dokter jika flu belum reda hingga 3 hari. Obat pilek resep dokter dapat diberikan dalam bentuk racikan yang sudah disesuaikan dengan berat badan dan usia si kecil sehingga lebih aman untuk mengatasi kesehatan buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *