Rumah Belajar

Pengertian Manajemen Pendidikan Islam

RUMAH BELAJAR – Setelah beberapa hari vacum dalam menulis, kembali saya share artikel yang berasal dari makalah waktu saya kuliah yang membahas mengenai ” Pengertian Manajemen Pendidikan Islam
Secara etimologi (B.english) merupakan terjemahan langsung dari kata management yang berarti pengelolaan, ketata laksanaan, atau tata pimpinan. Sementara dalam kamus Inggris Indonesia karangan John M. Echols dan Hasan Shadily (1995 : 372) management berasal dari akar kata to manage yang berarti mengurus, mengatur, melaksanakan, mengelola, dan memperlakukan.

Ramayulis (2008:362) menyatakan bahwa pengertian yang sama dengan hakikat manajemen adalah al-tadbir (pengaturan). Kata ini merupakan derivasi dari kata dabbara (mengatur) yang banyak terdapat dalam Al Qur’an seperti firman Allah SWT :

يُدَبِّرُ اْلأَمْرَ مِنَ السَّمَآءِ إِلَى اْلأَرْضِ ثُمَّ يَعْرُجُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ أَلْفَ سَنَةِ مِّمَّا تَعُدُّونَ
Artinya : Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadanya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu (Surah Al Sajadah : 05).

Dari isi kandungan ayat di atas dapatlah diketahui bahwa Allah swt adalah pengatur alam (manager). Keteraturan alam raya ini merupakan bukti kebesaran Allah swt dalam mengelola alam ini. Namun, karena manusia yang diciptakan Allah SWT telah dijadaikan sebagai khalifah di bumi, maka dia harus mengatur dan mengelola bumi dengan sebaik-baiknya sebagaimana Allah mengatur alam raya ini.

Sedangkan beberapa Ahli mendefinisikan tentang manajemen yang dikemukakan antara lain:
1. Menurut Hasibuan “ Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.”
2. Menurut GR Terry “Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari (planning) tindakan-tindakan perencanaan, (Organizing) pengorganisasian, (staffing) penataan staff ((actuating),) pengarahan, dan (Controlling) pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaat sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya
3. Menurut Harold Koontz dan Cyril O’Donnel “Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manager mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas rangg lain yang meliputi (planning) perencanaan, (Organizing) pengorganisasian, (placing) penempatan, (actuating) pengarahan, dan (Controlling) pengendalian.”
4. Menurut Andrew F. Sikula “ Manajemen pada umumnya dikaitkan dengan aktivitas-aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penempatan, pengarahan, (motivating) pemotivasian, komunikasi dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengorganisasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehinggga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.[1]
5.Sedangkan Sejumlah ahli lain memberikan Formulasi-Formulasi Alternatif tentang Fungsi manajemen diantaranya oleh Gregg, Litchfield dan Campbell (dalam Campbell, 1966), Gregg mengemukakan bahwa fungsi pokok manajemen itu meliputi: Decision making,planning, organizing, communicating,influiting,coordinating,evaluating, menurut Litchfield, manajemen terdiri atas : Decision making, Programming, communicating, Controlling, dan reappraising. Sedangkan pendapat Campbell sendiri meliputi: Decision making, programming, simulating, coordinating dan appraising.

Sumber :

  • Marno,dan Triyatno supriyatno, manajemen dan kepemimpinan pendidikan islam(Bandung: Refika Aditama,2008), Hlm, 11.
  • Al-Qur’an Surah Al Sajadah ayat