Pendaftaran SBMPTN Sudah Dibuka, Tes Dimulai 9 Juni

JAKARTA- Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2015 dibuka mulai hari ini (11/5) pukul 08:00 WIB. SBMPTN merupakan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ditetapkan berdasarkan hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Ketua Panitia SNMPTN 2015 Rochmat Wahab mengungkapkan, peserta SBMPTN 2015 adalah siswa lulusan tahun 2013 dan 2014 yang sudah memiliki ijazah. Selain itu, peserta adalah siswa lulusan tahun 2015 yang telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah. Surat itu sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.

“Untuk pemilihan program studi (prodi), peserta bisa memilih prodi maksimal tiga prodi dengan ketentuan tertentu sesuai kelompok prodi yang dipilih,” tutur Rochmat di Jakarta, Senin (11/5).

Dia menambahkan, peserta harus memperhatikan urutan dalam pemilihan prodi. Sebab, urutan tersebut menyatakan prioritas pilihan.

“Peserta yang hanya memilih satu prodi, bisa memilih prodi di PTN manapun. Sedangkan peserta yang memilih dua prodi atau lebih, salah satu prodi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah tempat peserta mengikuti ujian,” terang Rochmat.

Rochmat menambahkan, pilihan prodi yang lain bisa di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Ujian tertulis dijadwalkan akan dilaksanakan pada 9 Juni 2015 dan ujian keterampilan pada 10 dan/atau 11 Juni 2015.

Hasil ujian akan diumumkan pada 9 Juli 2015 pukul 17.00 dan bisa diakses pada laman resmi panitia http://www.sbmptn.or.id atau media cetak/online lainnya yang bekerja sama dengan panitia.