Pemerintah Siapkan Gaji ke-14 dibayarkan Sebelum Idul Fitri

Pemerintah Siapkan Gaji ke-14 dibayarkan Sebelum Idul Fitri –  Salam edukasi, Untuk pertama kalinya dalam sejarah di Indonesia para Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan mendapatkan Gaji ke-14, pemerintah akan segera menyiapkan gaji ke-14. Gaji ke 14 ini merupakan pengganti dari kenaikan gaji PNS  biasanya diterima PNS setiap tahunnya.

Pemerintah sendiri menyatakan akan membayar gaji ke-14 untuk PNS sebelum Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 6-7 Juli 2016.

Menteri YuddyDirektur Penyusunan APBN Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Kunta Nugraha mengatakan pembayaran gaji ke-14 berdekatan dengan pembayaran gaji ke-13. “Kemungkinan dekat-dekatan dengan lebaran,” katanya, Sabtu (7/5/2016).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB), Yuddy Chrisnandi sebelumnya mengatakan gaji ke-14 dialokasikan untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat saat merayakan Idul Fitri. Karena menjelang hari raya, kebutuhan PNS pun meningkat.“Gaji ke-14 ini sebagai THR yang diberikan di bulan Ramadhan. Adapun Pembayarannya Selambat-lambatnya 10 hari sebelum Idul Fitri,” kata Yuddy.

Sedangkan untuk mekanisme pencairan gaji ke-14 ini sama persis dengan mekanisme pencairan gaji ke-13, dimana besarannya hanya satu kali dari gaji pokok. “Jadi sama dengan gaji pokok, gaji pokok ini kan tergantung masing-masing golongan,” tambahnya.

Pemerintah sendiri telah mengalokasikan dana hampir Rp80 triliun untuk membayar gaji ke-14 PNS. Saat ini jumlah PNS mencapai 4,5 juta orang dengan golongan berbeda-beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *