Pembelajaran Pakem : Pengertian, langkah, dan kelebihan pakem

Pengertian Pembelajaran PAKEM

Menurut Siswono (2004) PAKEM bertujuan menciptakan suatu lingkungan belajar yang lebih melengkapi peserta didik dengan keterampilan-keterampilan, pengetahuan dan sikap bagi kehidupannya kelak.

Pakem dalam arti suatu model pembelajaran adalah Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan. Dalam kegiatan pembelajaran dengan model Pakem siswa dapat belajar dengan menyenangkan. Model pembelajaran Pekem terdapat empat unsur di dalamnya antara lain :

Belajar merupakan suatu proses aktif dalam membangun makna/pemahaman dari informasi & pengalaman oleh si pembelajar.

Proses pembelajaran harus dapat menumbuhkan sikap kreatif pada diri anak. Anak dilahirkan memiliki rasa ingin tahu dan imajinasi.

Pembelajaran dilaksanakan memiliki tujuan yang harus dicapai. Untuk mencapai tujuan tersebut salah satu faktor yang menentukan adalah model pembelajaran yang digunakan. Pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran yang dilaksanakan dapat menunjang kelanjutan pembelajaran berikutnya.

Situasi yang menyenangkan dalam pembelajaran dapat memotivasi siswa untuk memperhatikan pembelajaran, senang untuk belajar sehingga dapat meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran. Menyenangkan juga dapat memotivasi seseorang untuk mau belajar di luar bangku sekolah dengan kata lain senang belajar seumur hidup.

Penerapan PAKEM dalam Proses Pembelajaran

Secara garis besar, PAKEM dapat digambarkan sebagai berikut:

  1. Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat.
  2. Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan cocok bagi siswa.
  3. Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan ‘pojok baca’.
  4. Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok.
  5. Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkam siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.

Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran PAKEM

  1. Kelebihan Model Pembelajaran PAKEM

Setiap model pembelajaran atau pendekatan yang digunakan dalam mengajar, tentunya mempunyai kebaikan-kebaikan tertentu. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pendekatan PAKEM :

  1. Siswa selalu aktif
  2. Tujuan pembelajaran akan tercapai secara optimal.
  3. Kelas menjadi menyenangkan dan lebih kondusif
  4. Melatih siswa memiliki rasa tanggung jawab, berbagi rasa, saling menghormati dan menyayangi sesama manusia.
  1. Kelemahan Pendekatan PAKEM
    1. Tidak mudah merancang pembelajaran dengan perbedaan individu siswa.
    2. Tidak efektif digunakan pada jumlah siswa yang besar di kelas, karena sulit dikontrol dalam mengerjakan tugas dan mungkin tidak semua siswa berpartisifasi dengan aktif.
    3. Tugas terlalu banyak akan membuat anak bosan, apabila tak disertai dengan penilaian.
    4. Perlu kreatifitas guru dalam menciptakan beragam kegiatan yang dapat menyenangkan siswa, seperti memilih lagu dan merancang permainan.

Incoming search terms:

  • pengertian pakem
  • kelebihan dan kelemahan pendekatan pakem
  • kelebihan dan kekurangan pembelajaran paikem
  • pendekatan pakem
  • pembelajaran pakem
  • langkah-langkah pendekatan pakem
  • langkah-langkah model pembelajaran pakem
  • langkah langkah pembelajaran pakem
  • kelemahan dan kelebihan paikem
  • Kelebihan dan kelemahan model pembelajaran pakem