Magneto, Si Penemu Magnet

Posted on

RUMAH BELAJAR – Berbagi itu ternyata menyenangkan dan membuat kita bangga, kali ini mungkin banyak yang belum mengetahui Penemu Magnet. Magnet (atau yang kadang juga dieja magnit) merupakan salah satu benda multiguna yang banyak digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Magnet sendiri sebenarnya merupakan suatu objek yang memiliki medan magnet dengan dua kutub yakni utara atau north dan selatan atau south. Dua buah magnet berlainan kutub jika didekatkan akan saling menarik. Sementara itu, dua buah magnet dengan kutub yang sama, apabila didekatkan akan saling menolak. Gaya yang dihasilkan magnet inilah yang kemudian digunakan manusia untuk mempermudah beberapa hal. Tahukah Anda bahwa kata “magnet” sendiri diambil dari bahasa Yunanu yaitu Magnitis Lithos. Kata ini memiliki arti batu Magnesian. Memang sejak zaman Yunani kuno, batu magnet telah dikenal. Pada mulanya ia banyak dijumpai di wilayah Manisa yang saat ini masuk ke dalam teritori Turki. Nah, oleh karena sudah ada sejak lama, ahli sejarah jadi bingung menentukan siapa tokoh yang pantas didaulat sebagai penemu magnet.


Magneto, Si Penemu Magnet

Jika kita mau meluangkan waktu dan melakukan sejumlah penelusuran mengenai siapa penemu magnet, niscaya Anda akan mendapatkan nama Magneto di berbagai situs lokal maupun luar. Sayangnya, meski banyak yang mengakui Magneto sebagai penemu magnet, nyaris tak ada sumber yang menceritakan profilnya lebih lanjut. Jadi, riwayat hidup dan kisah penemuannya tak bisa diceritakan lebih detil seperti inventor lainnya di dunia ini.

Sebagai penemu magnet alam, konon kabarnya Magneto hidup di zaman Yunani kuno. Ia dikisahkan menemukan Magnet di wilayah Magnesia, Turki. Setelah penemuannya tersebut, Magnet perlahan menjadi salah satu benda yang populer dan banyak digunakan.

Tapi tahukah Anda, bahwa saat ini, nyaris semua magnet yang digunakan bukan lagi berasal dari bebatuan alam seperti dahulu kala? Iya, saat ini yang banyak tersebar adalah magnet buatan. Memang, magnet bisa dibuat. Caranya cukup mudah yakni dengan menggosokkan magnet dengan medan lainnya secara searah, dengan penginduksian magnet dan terakhir dengan menggunakan selenoida.

Dahulu, mungkin Magneto menemukan magnet hampir tak berbentuk. Ia memang selayaknya bebatuan. Nah, saat ini, kita sudah bisa menjumpai magnet dalam berbagai bentuk. Mulai dari bentuk U, ligkaran, jarum, ladam, batang dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mendapatkan magnet ini cukup mudah kok, banyak toko yang menjualnya bebas. Bahkan kalau Anda jeli, Anda bisa menjumpai banyak perangkat mini hingga besar yang menggunakan magnet. Bahkan, di beberapa Negara, magnet ini populer dijadikan perhiasan. Ada beberapa klaim yang menyatakan menggunakan magnet sebagai aksesoris juga menyehatkan sebab daya tariknya bisa melancarkan sirkulasi tubuh. Tertarik mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *