Macam-Macam Vitamin yang diperlukan oleh Tubuh Kita

RUMAH BELAJAR – Salam Edukasi, Materi pembelajaran yang akan kita pelajari kali ini yaitu tentang Macam-Macam Vitamin yang diperlukan oleh Tubuh Kita.

Vitamin diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan. Vitamin tidak menghasilkan tenaga dan tidak membangun jaringan tubuh. Akan tetapi vitamin berperan pada semua proses kimia dalam tubuh.

Seseorang yang kekurangan vitamin akan mudah terserang penyakit. Penyakit karena kekurangan vitamin disebut avitaminosis. Sedangkan kelebihan vitamin disebut hipervitaminosis. Vitamin ada yang larut dalam air dan ada yang larut dalam lemak. Vitamin A, D, E, dan K dapat larut dalam lemak, sehingga dapat disimpan dalam tubuh. Vitamin B dan C larut dalam air sehingga tidak dapat disimpan dalam tubuh.

Makanan-yang-Mengandung-Vitamin-D

1) Vitamin A

Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit, mempercepat pertumbuhan tubuh dan mempertinggi daya tahan tubuh terhadap infeksi. Untuk menjaga kesehatan mata, kita harus memperbanyak makan makanan yang mengandung vitamin A. Sumber vitamin A antara lain wortel, tomat, pisang, pepaya, ikan, hati, dan telur. Penyakit akibat kekurangan vitamin A antara lain rabun senja.

2) Vitamin B

Vitamin B berfungsi untuk pertumbuhan tubuh dan mencegah penyakit beri beri. Kekurangan vitamin B menyebabkan penyakit beri-beri, bibir pecah pecah, kulit mudah rusak, radang pada lidah, selera makan hilang, dan pertumbuhan terhambat. Vitamin B banyak terdapat pada sayuran, kacang- kacangan, telur, nasi, hati, daging, dan susu.

3) Vitamin C

Vitamin C berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan kesehatan setelah sakit. Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan gusi berdarah, sariawan, bibir pecah-pecah dan pembengkakan pada sendi. Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan yang berwarna kuning kemerah-merahan, seperti tomat, nanas, jeruk, dan sayuran yang masih segar.

4) Vitamin D

Vitamin D membantu pembentukan tulang dan gigi . Kekurangan vitamin D menyebabkan penyakit tulang atau rakhitis serta pertumbuhan tulang tidak normal. Vitamin D banyak terkandung pada alpukat, pisang, bunga kol,brokoli, susu, mentega, dan telur. Sinar matahari dapat mengubah provitamin D yang ada di bawah kulit menjadi vitamin D. Provitamin adalah bahan baku pembentuk vitamin.

5) Vitamin E

Vitamin E berguna untuk menjaga kesehatan alat reproduksi, membentuk sel darah merah, dan memperhalus kulit. Kekurangan vitamin E dapat mengakibatkan kemandulan, keguguran atau bayi meninggal dalam kandungan. Vitamin E banyak terdapat pada kecambah, minyak ikan, susu, kuning telur, dan wortel.

6) Vitamin K

Vitamin K membantu pembekuan darah saat terjadi luka. Kekurangan vitamin K mengakibatkan darah pada luka sukar membeku. Vitamin K banyak terdapat pada bayam, buncis, sawi, kacang-kacangan, kuning telur, dan hati

Sumber : Buku Sekolah Elektronik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas V SD/MI Karangan Amin Priyono, Katrin Tri Martini, dan Choirul Amin