Luka Penderita Diabetes Susah Sembuh? Gunakan 5 Cara Ini!

Frustrasi karena luka susah sembuh, padahal lukanya tidak parah? Coba atasi dengan lima cara mudah di bawah ini.

Luka yang dialami penderita diabetes cenderung sulit sembuh atau proses penyembuhannya terbilang lama. Sebab, kadar gula darah tinggi menghalangi nutrisi dan oksigen dalam memberi energi terhadap sel, mencegah sistem imun berfungsi secara efektif, serta meningkatkan peradangan dalam sel tubuh.

Hal tersebut membuat luka susah sembuh. Meski begitu, dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter punya lima cara untuk membantu mempercepat proses penyembuhan bagi penderita diabetes. Adapun cara yang dimaksud, meliputi:

Gunakan Madu

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa olesan madu dapat digunakan sebagai balutan alternatif untuk luka diabetes dan bisa mempercepat penyembuhan. Tanyakan kepada dokter Anda mengenai cara spesifik perawatan luka menggunakan madu.

Hindari Tekanan Berlebih pada Area Luka

Jangan melakukan hal yang bisa memberikan tekanan terhadap luka Anda. Gunakan pakaian yang aman untuk mencegah luka lebih dalam dan tidak merusak kulit baru yang sedang terbentuk.

Rutin Ganti Balutan

Balutan luka penderita diabetes mesti sering diganti untuk menurunkan jumlah bakteri serta mempertahankan kadar kelembapan pada luka.

“Jika balutan mengalami rembesan cukup banyak dan terasa sudah basah atau tidak nyaman, ganti balutan tersebut untuk mencegah infeksi.” jelas dr. Nabila.

Buang Jaringan yang Mati

Kelebihan jaringan ditandai dari mengelupas atau menggelapnya warna kulit. Jika itu terjadi, berarti tidak ada oksigen dari pembuluh darah yang menyediakan makanan untuk menghidupi jaringan tersebut.

Pergilah ke dokter untuk membuang jaringan ini. Sebab, jaringan yang mati dapat menyebarkan bakteri serta toksin sehingga dapat berujung pada infeksi yang lebih parah.

Ayo, Aktif Bergerak dan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan aktif bergerak atau rajin berolahraga, Anda akan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Sehingga, gula yang ada di dalam darah dapat masuk lebih banyak dan efekti ke dalam sel.

Selain itu, tingkatkan pula daya tahan tubuh Anda dengan cara mengonsumsi makanan alami yang mengandung vitamin C, zink, serta protein. Tiga nutrisi tersebut sangat bisa membantu Anda dalam mempercepat penyembuhan luka.

Kelima cara di atas bisa Anda terapkan apabila luka penderita diabetes susah sembuh, Namun, apabila luka sudah sampai menimbulkan sensasi terbakar, geli, nyeri, atau bahkan menyebar, Anda mesti mendatangi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Pasalnya, makin cepat Anda mendapat pertolongan medis yang sesuai, makin kecil juga risiko Anda untuk mengalami komplikasi luka diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *