Kemdikbud ingin sekolah seperti taman

RUMAH BELAJAR-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan menyatakan, pendidikan bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, pendidikan bertujuan membuat siswa berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. “Itulah karakter Pancasila yang menjadi tujuan Pendidikan Nasional,” ujarnya pada peringatan Hardiknas di Jakarta, Sabtu (2/5).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengungkapkan, dalam menumbuhkan potensi peserta didik memerlukan karakter pendidik dan suasana pendidikan yang tepat. Sekolah adalah tempat yang menjadi salah satu faktor menumbuhkan karakter anak, sebaiknya sebagai taman yaitu tempat yang menyenangkan bagi anak didik.

Menurut Anies dengan menjadikansekolah sebagai tempat yang menyenangkan “Anak datang ke taman dengan senang hati, berada di taman juga dengan senang hati dan pada saat harus meninggalkan taman maka anak akan merasa berat hati,” ujar kemdikbud.

Dia menegaskan, kemajuan pendidikan Indonesia hanya akan tercapai jika semua pihak bekerja keras. “Pendidikan bukan hanya urusan kedinasan di pemerintahan, melainkan urusan dan tanggung jawab semua pihak dalam memajukan pendidikan Indonesia,” tegas Anies.