Indonesia – Finlandia Pererat Kerja Sama Pendidikan

Jakarta—Pemerintah Indonesia bersama dengan pemerintah Finlandia sepakat untuk mempererat kerja sama sistem pendidikan pada tingkat dasar dan menengah. Kerja sama pendidikan ini bertujuan untuk memajukan pengetahuan dan pengembangan intelektual.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan dan Menteri Pendidikan dan Komunikasi Finlandia Krista Kiuru menandatangani Memorandum Saling Pengertian (MSP) di Kemdikbud, Jakarta, Kamis (19/3/2015).

Mendikbud menyampaikan, ruang lingkup kerja sama meliputi pertukaran informasi dan publikasi ilmiah, serta tenaga ahli di bidang pendidikan dan pengasuhan usia dini, taman kanak-kanak, dasar, menengah, pendidikan kejuruan dan teknik. “Kerja sama ini diharapkan menjadi bendera untuk menaungi berbagai kegiatan pendidikan di Indonesia dan Finlandia,” katanya.

Ruang lingkup kerja sama lainnya, kata Mendikbud, adalah dalam mengembangkan kurikulum dan kualifikasi, pengkajian, pembelajaran dan pengajaran, termasuk pendidikan guru dan pengembangan profesional. Kerja sama juga mencakup menejemen sekolah dan kepemimpinan, serta meningkatkan mobilitas guru, staf administrasi, dan peserta didik, serta isu pendidikan lainnya yang disepakati.

“Kerja sama ini merupakan langkah awal yang bagus dalam menguatkan hubungan Indonesia dengan Finlandia dan juga untuk mempromosikan pendidikan yang lebih baik bagi kedua negara,” kata Menteri Anies.

Menteri Pendidikan dan Komunikasi Finlandia Krista Kiuru menyampaikan, pihaknya menyambut baik kerja sama di bidang pendidikan dengan pemerintah Indonesia. Dia mengatakan, kedua negara telah memiliki hubungan diplomatik selama lebih dari 60 tahun. “Kita adalah teman lama dan ini kunci membangun kapasitas sumber daya manusia. Peserta didik harus terus didorong untuk belajar dengan cara yang menyenangkan,” katanya

Sumber : Portal Kemdikbud