Gaji ke-13 PNS dan Pensiunan akan Segera Cair

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil ( PNS) dan pensiunan bisa dicairkan pada pekan. Sebab Presiden Joko Widodo sudah meneken Peraturan Pemerintahnya (PP).

Meski PP sudah ada, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, masih ada beberapa tahapan sebelum gaji ke-13 PNS bisa dicairkan.

“Peraturan Menteri Keuangan (PMK) akan ditetapkan lalu Pak marwanto (Dirjen Perbendaharaan) pencairan anggarannya,” ujarnya di Jakarta, Rabu (14/6/2017).

“Nanti Satker (satuan kerja) ajukan usulan anggaran ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara). Baru bisa di follow up KPPN minggu depan atau mungkin awal minggu depan,” sambung ia.

Terkait besarannya, Askolani mengatakan bahwa besaran gaji ke-13 PNS sama dengan satu kali gaji.

Sebelumnya, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, anggaran gaji ke-13 PNS tahun ini sekitar Rp 7 triliun-Rp 8 triliun.

Namun ia mengatakan pencairannya bisa tidak bersamaan dengan pencairan THR. Sebab tujuan gaji ke-13 lebih kepada membantu biaya anak sekolah, adapun THR untuk keperluan Lebaran.

Sumber: KOMPAS