Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di FlashdiskVirus shortcut dalam Flashdisksangat mengganggu kita saat ingin menggunakan FD tersebut. Untuk  menghilangkan dan menghapus virus ini (tergantung sejauh mana virus ini menyebar) sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, langkahnya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan scanning dengan anti virus. Di kesempatan ini ” RUMAH BELAJAR ” ingin berbagi informasi tentang ” Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

  • Pasang atau colokan Flashdisk anda yang terkena virus shortcut ke komputer atau laptop kemudian buka Flashdisk tersebut.
  • Langkah selanjutnya Klik “Organize” lalu klik “Folder and search options”.

Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk 2.png

Aktifkan “Show hidden files, folders, and drives” lalu unchecklist pada “Hide protected operating system files (Recommended)”. Jika muncul notice seperti di bawah, Klik “Yes”. Lakukan sesuai gambar di atas.

  • Tetapi, biasanya sampai sini folder yang disembunyikan oleh virus sudah kembali muncul. Hanya saja masih berstatus semi-hidden. Untuk mengembalikannya secara normal kembali, kita lanjutkan dengan membuka CMD (Command Prompt). Setelah terbuka, ketik lokasi dimana Flashdisk berada, misal: Drive H, berarti ketik H:
  • Selanjutnya, ketikan attrib -s -r -h /s /d di CMD, seperti gambar di bawah. Kemudian tekan Enter.
Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk 3.pngcut4
Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk 3.pngcut4
  • Sekarang cek Flashdisk kalian, apakah semua folder sudah kembali normal seperti semula ? apabila terdapat folder yang menurut kalian aneh, silakan hapus saja.

Catatan : Cara di atas hanya berlaku untuk mengembalikan folder yang disembunyikan oleh virus shortcut dan menghilangkan virus shortcut secara sementara.

Demikian Informasi tentang ” Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk ” semoga bermanfaat