5 Hal Yang Membuat Menstruasi Tidak Lancar

Bagi wanita yang mengalami haid tidak lancar, pasti merasa tidak nyaman. Terutama, bagi mereka yang sedang merencanakan kehamilan, karena menghitung masa subur jadi lebih menyulitkan. Selain itu, sering kali muncul keluhan bahwa menstruasi yang tidak lancar membuat badan sakit dan pegal-pegal. Jika anda mengalami menstruasi yang tidak normal, maka anda harus tahu bahwa ada banyak faktor haid tidak lancar yang harus anda ketahui.

Haid yang tidak lancar terjadi apabila periode menstruasi anda berjarak kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Misalnya, anda tidak mengalami haid selama 2 atau 3 bulan berturut-turut. berikut ini faktor haid tidak lancar yang bisa dijelaskan secara medis.

Pertama, faktor stres dan gaya hidup. Apabila anda hidup dalam keadaan tertekan dan tidak bahagia, besar kemungkinan haid anda yang tidak lancar disebabkan oleh faktor stress. Pekerjaan yang menuntut kesempurnaan performa, bos yang tidak ramah, teman yang tidak kooperatif, tetangga yang jahat, apa pun bisa mempengaruhi faktor psikologis dan berimbas pada kelancaran haid.

Kedua, diet terlalu ketat. Hati-hati dengan diet anda. Kehilangan berat badan terlalu banyak bisa menjadi faktor haid tidak lancar. Penderita anoreksia atau bulimia biasa mengalami ini. Dalam keadaan ini sudah jelas terlihat ada bahaya haid tidak lancar. Ini indikasi bahwa tubuh sudah sangat kekurangan nutrisi sehingga bisa membahayakan jiwa.

Ketiga, penggunaan kontrasepsi. Wanita yang menggunakan kontrasepsi sering mengalami haid tidak lancar. Ini karena kestabilan hormon anda dimodifikasi, sehingga level hormon estrogen dan progestin anda tidak stabil.

Keempat, radang panggul. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan mempengaruhi sistem reproduksi wanita. Bila yang dialami adalah radang panggul, maka jelas ada bahaya haid tidak lancar. Penderita harus mengunjungi dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat.

Kelima, polip rahim atau fibroid. Polip rahim adalah benjolan jinak yang tumbuh di dinding rahim, biasa juga disebut tumor. Meski jinak, tumor ini bisa menyebabkan pendarahan hebat dan rasa sakit.