4 Kiat Tepat dalam Memilih Penggaris

Alat ukur sehari-hari dan paling akrab bagi semua orang adalah penggarisyang kalau boleh dibilang menjadi alat ukur multi fungsi. Sebab bisa dipakai untuk mengukur apa saja dengan catatan memang tidak membutuhkan ketelitian. Lantaran ada beberapa alat ukur yang memang akurat sekali dengan satuan millimeter, itupun untuk mengukur benda-benda tidak lumrah. Misalnya mengukur ketebalan uang logam, kalau orang awam tentu tidak perlu pusing memikirkan ketebalan uang tersebut.

Alat ukur ini bisa dipakai untuk membantu menyelesaikan pekerjaan di atas kertas, entah laporan dari kantor, maupun laporan bisnis yang dijalankan. Anak sekolah pun bisa memakainya untuk berbagai keperluan sehingga sangat fungsional bagi semua kalangan. Usahakan memilih alat ukur panjang yang tepat sehingga sangat bermanfaat sekaligus tepat, karena memang akan sering digunakan. Akan tetapi jenis alat ukur panjang di pasaran sangat banyak Anda bisa menjumpai semuanya di sebuah situs jual beli online terpercaya.

Penggaris

Tips Memilih Alat Ukur Panjang yang Tepat

Saat berbelanja keperluan alat tulis tentu akan menjumpai area yang memajang alat ukur, baik bentuk biasa maupun jenis lainnya. Banyaknya pilihan membuat siapa saja yang membutuhkannya perlu jeli dalam menentukan pilihan sehingga tidak asal punya. Sebab bisa jadi kalau salah pilih malah kegunaannya semakin terbatas, padahal punya alat ukur merek terkenal dan dibeli di sebuah toko online besar sangat fenomenal. Nah, usahakan jeli apalagi pada saat mengukur dijamin butuh hasil yang akurat.

Simak beberapa tips berikut supaya tidak keliru pada saat memilih penggaris sehingga tidak kecewa dan manfaatnya sangat terasa:

  • Pilih panjang sesuai kebutuhan,

Alat ukur jenis ini memiliki maksimal panjang yang berbeda, paling pendek 15 cm namun ada pula yang panjangnya lebih dari 30 cm. Tentukan pilihan dengan melihat kebutuhan misalnya kalau sekiranya sering membuat garis pendek tidak perlu memakai yang terlalu panjang. Selain mubadzir ada kemungkinan repot saat dibawa bepergian.

  • Pastikan bahannya berkualitas,

Semakin bagus alat ukur yang dibeli maka biasanya akan lebih tahan lama, sehingga ada kemungkinan bisa diwariskan. Maka pertimbangkan soal bahan alat ukur yang dibeli tersebut untuk memastikan memang berkualitas. Tidak harus terlalu tebal atau malah sebaliknya, intinya kenali bahan seperti apa yang paling bagus dijadikan alat ukur panjang ini. Kalau bahannya bagus maka lebih enak dan nyaman saat dipakai ditambah lebih awet, bisa jadi tulisan angka di dalamnya tidak akan pudar.

  • Tidak terlalu berat dan kaku,

Material yang baik tentu akan menjadikan alat ukur tersebut lebih nyaman digunakan, namun jangan sembarangan memilih. Material berkualitas kadang terasa kurang cocok dipilih karena terlalu berat, terlalu lentur, terlalu tipis, dan terlalu lainnya. Maka periksa dulu karakter fisiknya seperti apa dan untuk belanja online bisa ditanyakan dulu ke pihak penjual. Asalkan karakter fisiknya pas dengan keinginan maka dijamin nyaman setiap kali memakainya, resiko patah saat tiba-tiba jatuh bisa dihindari.

  • Bentuk atau model pas dengan kebutuhan,

Bentuk dari alat ukur satu ini ada banyak jadi jangan hanya fokus mencari yang bentuknya lurus memanjang saja. Sebab bisa menjumpai bentuk segitiga, lingkaran, dan lain sebagainya yang otomatis cocok untuk kebutuhan tertentu. Supaya fungsinya maksimal maka pilih desain alat ukur yang sesuai kebutuhan misalnya sering membuat garis melengkung pilih bentuk lingkaran atau setengah lingkaran. Asalkan bentuk penggaris yang dibeli pas dijamin pekerjaan apapun cepat beres.

Tags: