4 Jenis presentasi

RUMAH BELAJAR – Presentasi merupakan kegiatan yang kerap dilakukan sebagai bagian dari pelaporan hasil penelitian. Presentasi diartikan komunikasi langsung antara pembicara/presenter dengan sekelompok pendengar/audiensi dalam situasi teknis, saintifik, atau profesional untuk satu tujuan tertentu dengan menggunakan teknik sajian dan media yang terencana

Jenis presentasi terbagi menjadi empat, yang dapat dijabarkan sebagai berikut (Tarigan, 2008).

  1. Presentasi Teks (Reading Presentation)

Bentuk pembicaraan dengan sepenuhnya menggunakan teks (membaca kata demi kata yang tertuang di dalam kertas pembicaraan). Kelebihan jenis presentasi ini adalah (1) penyampaian dilakukan secara berurut/sistematis, (2) kata yang keluar diungkapkan secara baik dan benar, dan (3) tidak terjadi kesalahan dalam penyampaiannya. Adapun kelemahan presentasi jenis ini, antara lain (1) pendengar akan merasa bosan dalam mendengarkannya, (2) pendengar tidak termotivasi untuk mendengarkan, (3) penyampaian informasi tidak menarik, (4) pembicara terlalu sibuk membaca naskah sehingga tidak melakukan kontak mata dengan pendengar seolah-olah acuh tak acuh terhadap pendengar.

  1. Presentasi Hafalan (Memorized Presentation)

Presentasi dengan hafalan merupakan gaya pembicaraan dengan isi bahan sajian ditulis lalu dihafalkan. Contohnya, laporan hasil studi singkat dan hasil kunjungan atau observasi. Berbeda dengan jenis manuscript dan memorized yang tidak menggunakan naskah dalam penyampaiannya. Pembicara hanya melakukan persiapan dengan menghafal dari teks mengenai informasi yang akan disampaikan. Kelebihan dan kelemahan jenis presentasi ini hampir sama dengan manuscript. Selain itu, jenis presentasi ini sangat buruk untuk dilakukan, karena apabila melupakan kata-kata dari naskah maka presentasi yang dilakukan akan terjadi kegagalan.

  1. PresentasiSpontan (Impromptu Presentation)

Pembicaraan spontan disebut juga dengan pembicaraan langsung/informal tanpa persiapan yang matang di pihak pembicara. Jenis presentasi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, yaitu (1) informasi yang disampaikan sesuai dengan perasaan pembicara yang sesungguhnya, (2) kata atau suara yang keluar merupakan hasil spontanitas, dan (3) membuat pembicara terus berpikir selama menyampaikan informasi. Adapun kelemahan jenis presentasi ini, yaitu (1) informasi yang disampaikan tersendat-sendat, karena membutuhkan waktu untuk berpikir dan mengolah kata, (2) tidak berurutan/sistematis dalam penyampaiannya, karena informasi disampaikan secara mendadak, (3) kadang-kadang terjadi demam panggung, karena belum ada persiapan mengenai apa yang harus disampaikan.

  1. Presentasi dengan Kartu(Note Cards Presentation)

Pembicaraan dengan kartu berisi uraian sesuai dengan nalar pendengar, tetapi inti sajian tetap disesuaikan dengan tujuan pembicaraan. Teknik pembicaraan bebas, natural, dan sesuai dengan tingkat respons audiensi. Dengan kemajuan teknologi informasi, model ini dilakukan dengan ‘kartu elektrik’ dalam bentuk power point, jadi tidak perlu lagi memegangi kartu.

Kelebihan dari jenis ini adalah (1) pembicara dapat menyampaikan informasi secara jelas, karena ada persiapan sebelumnya, (2) pembicara dapat menyampaikan secara sistematis/berurutan, (3) pembicara dalam menyampaikannya menarik perhatian pendengar, karena tidak berpedoman pada naskah ataupun hafalan, tetapi tidak melenceng dari garis besar materi, (4) lebih leluasa dalam penyampaiannya, (5) pembicara dapat melakukan kontak mata dengan pendengar, sehingga akan terlihat apakah pesan yang disampaikan menarik atau tidak. Kelemahannya adalah (1) perlu memiliki wawasan yang cukup mengenai tema yang akan dibicarakan, (2) membutuhkan waktu yang lama dalam persiapan presentasi, (3) bagi pemula, sulit untuk dilakukan karena membutuhkan keahlian dan pengalaman yang cukup.

Sumber: Modul ” Hand Out Teknik Presentasi ” PEMBINAAN KARIR PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) BAGI PTK SEKOLAH DASAR  Oleh Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar

Incoming search terms:

  • macam macam presentasi
  • jenis presentasi
  • jenis jenis presentasi
  • jenis jenis presentasi ilmiah
  • jenis2 presentasi ilmiah
  • sebutkan macam macam presentasi
  • Jenis jenis presentasi baru
  • jenis teknik presentasi
  • pengertian presentase hafalan serta kelebihan dan kekurangannya
  • perbedaan presentasi improptu memoriter dan ekstemporer